Selasa, 23 Februari 2016

Banggai Pulau Sejarah dan Pesona Laut

P
rovinsi Sulawesi Tengah, merupakan salah satu wilayah tujuan wisata di Indonesia, menawarkan berbagai macam obyek wisata baik obyek wisata alam, wisata pantai, maupun wisata budayanya. Salah satu daerah tujuan wisata di Sulawesi Tengah yang kaya akan obyek dan daya tarik wisata tersebut  adalah Kabupaten Banggai Laut. Pengembangan kepariwisataan dan kebudayaan di Kabupaten Banggai Laut memiliki arti yang sangat penting dan strategis, karena sektor ini merupakan sektor andalan yang nantinya diharapkan mampu mendukung perkembangan pembangunan daerah dengan cara usaha ekonomi daerah multi sektor, serta pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Terbukti bahwa sektor ini telah mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memperluas lapangan pekerjaan dan memberikan kontribusi yang besar bagi pendapatan Banggai Laut.

Kabupaten banggai Laut sudah pasti memiliki posisi yang strategis. Titik ini menjadi urat nadi untuk memperlancar arus distribusi barang dan jasa provinsi Maluku Utara. Pembentukan Kabupaten Banggai Laut yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Banggai Kepulauan terdiri atas tujuh kecamatan, yaitu Kecamatan Banggai, Kecamatan Banggai Utara, Kecamatan Banggai Tengah, Kecamatan Banggai Selatan, Kecamatan Bokan Kepulauan, Kecamatan Labobo, dan Kecamatan Bangkurung. Kabupaten Banggai Laut memiliki luas wilayah keseluruhan 725,67 km2 dengan jumlah penduduk 63.580 jiwa pada tahun 2012 dan terdiri dari 66 desa/ kelurahan.

Banggai Laut memiliki history mengenai kerajaan yang pernah berdiri. Peninggalan sejarah merupakan warisan budaya masa lalu yang merepresentasikan keluhuran dan ketinggian budaya masyarakat. Peninggalan sejarah yang tersebar di seluruh kepulauan Indonesia merupakan kekayaan budaya yang harus dijaga dan dilestarikan eksistensinya. Dengan adanya peninggalan sejarah, bangsa Indonesia dapat belajar dari kekayaan budaya masa lalu untuk menghadapi tantangan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara pada saat ini dan masa yang akan datang. Dengan terpeliharanya semua bangunan bersejarah pada suatu zaman akan memberikan ikatan kesinambungan yang erat antara masa kini dan masa lalu, begitu pula dengan Kerajaan yang ada di Kabupaten Bannggai Laut.
Banggai Laut adalah kabupaten yang baru dimekarkan yang awalnya merupakan sebuah kecamatan di bawah pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan. Kabupaten Banggai Laut, pada zaman sebelum penjajahan Belanda terdiri dari empat kerajaan kecil pemerintahannya dipimpin oleh Tomundo/Raja. Empat Kerajaan dimaksud adalah Babolau berkedudukan di Babolau ± 5 km dari Desa Tolise Tubono, Kokini berkedudukan di Desa lambako, Katapean berkedudukan di desa Sasaban ± 5 km dari Desa Monsongan dan Singgolok berkedudukan di Bungkuko Tatandak ± 7 km dari Desa Gonggong.
Banggai Laut terdiri dari beberapa gugusan pulau lain terutama pulau tidak berpenduduk. Pulau-pulau ini umumnya memiliki ciri fisik yang sama yakni, tpografinya berbukit, pantai berbatu, vegetasi yang dominan adalah pohon kelapa, tumbuhan tingkat tinggi, serta mangrove di tepi luar pulau. Dengan luas wilayah725,67 km2 dimana enam puluh empat persennya adalah lautan, Kenampakan alam yang dimiliki desa ini sangat menarik. Terdapat sedikitnya 200 pulau  berpotensi sebagai objek wisata dan area perikanan.

Kawasan wisata Pantai merupakan salah satu pantai yang menjadi ikon dari pantai-pantai lain yang ada di sepanjang pesisir Banggai Laut. Hal ini dikarenakan pantai merupakan salah satu pantai yang dikembangkan pertama kalinya oleh pemerintah kabupaten Banggai Laut sebagai tujuan wisata, Pada saat ini kawasan wisata pantai akan dikembangkan sebagai salah satu obyek wisata alam pantai dan wisata kuliner hasil laut, dengan memanfaatkan kekhasan alam pantai yang dimiliki oleh pantai  yang berada di pesisir pulau Banggai dan di tunjang dengan keberadaan beberapa fasilitas seperti area parker, ruang terbuka, warung-warung makan, gubuk peristirahatan, kios-kios, tempat ibadah, dan KM/WC. Kekayaan ini masih dilengkapi pula dengan Upacara adat dan kesenian rakyat pun sangat beragam dan santapan makanan khas yang terbilang cukup unik di karenakan hanya bisa di dapatkan di pulau banggai sehingga semakin mendukkung potensi pariwisata di Banggai Laut. Selain itu Banggai Laut juga memiliki beberapa sentra kerajinan khas Banggai Laut

1 komentar: